Saturday, November 7, 2009

Reuni...oh, Reuni...(Smadabaya'84 Small Reunion at Citos)



Setelah pada tahun-tahun sebelum ini saya selalu gagal untuk menghadiri udangan reuni teman-teman alumni SMA Negeri 2 Surabaya di berbagai tempat baik di Surabaya, Jakarta atau Bandung dengan adanya berjuta-juta halangan yang saya tidak tahu kenapa selalu ada, akhirnya kemarin saya berhasil hadir meski kali sifatnya 'small reunion' karena berupa acara makan siang bersama yang diselenggarakan pada tanggal 4 November 2009 di Citos Jaksel dengan mengundang sekitar 25 orang teman yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya.

Meski cuma sekedar makan siang dan ngbrol ngalor ngidul, ternyata asyik dan seru juga karena yang datang mayoritas teman-teman dekat saya waktu di SMA tsb. Meski jujur saya sempat tidak mengenali beberapa teman alias lupa siapa dia dulunya. Mungkin karena reuni kali ini hanya melibatkan kelompok kecil, keakraban/silaturahmi yang ada lebih terasa intens. Pastinya saya sangat senang, refresh dan bahagia bertemu dengan teman2 dekat SMA saya tersebut. Selain itu sepertinya saya merasa 'muda' dan ber'energi' kembali...hehehe.

Malam setelah saya acara reuni tersebut saya merenung diri mencoba mencari makna/arti/manfaat reuni untuk ditulis di blog ini. Ya, tanpa terasa sudah 25 tahun/seperempat abad saya dan teman-teman lulus dari SMA favorit di Surabaya tersebut. Jika umur saya dan teman-teman saat ini sekitar 44 tahun (mayoritas kelahiran tahun 1965) maka sudah lebih dari separuh umur saya dan teman-teman semua berpisah mengikuti destiny/takdir/perjalanan kehidupan yang sesungguhnya yang tentunya sangat berbeda dengan masa SMA dulu. Setelah sekian lama apa kiranya manfaat dari reuni/pertemuan yang kita lakukan tersebut?

1. Kenangan
Pertemuan kembali setelah lama berpisah, selalu menjadi menyenangkan karena dengan berkumpul bersama teman-teman lama sejenak kita bisa mengenang/balik ke jaman kita sekolah dulu yang bagi kebanyakan orang adalah masa menyenangkan karena tak ada beban selain menuntut ilmu. Kita tahu bahwa masa sekolah adalah masa pengembangan diri mencapai taraf kedewasaan. Dan karena tiap orang menghadapi pengalaman yang berbeda, maka dengan melihat ke masa lalu maka kita akan mengerti bahwa kehidupan yang dijalani selama ini adalah sangat penting dan berharga.

2.Harga diri
Melalui sebuah reuni, seseorang juga bisa mendapatkan self esteem atau kepercayaan diri terhadap apa yang telah dicapai selama ini. Saat reuni dimana kita bertemu dengan teman-teman lama yang tentunya tahu sifat/kondisi kita yang dulu yang sebenarnya, maka dengan reuni mereka akan tahu seberapa besar perubahan yang telah kita lakukan. Contoh misalnya seseorang teman dulunya dianggap nakal dan tidak pintar, ternyata sekarang dia telah mampu merubah dirinya menjadi orang yang bertanggung jawab dan rajin bekerja. Hal ini ditunjukkan dengan keberhasilannya menduduki jabatan/level pekerjaan tertentu. Maka baginya reuni dapat dijadikan sebagai sebuah pembuktian diri bahwa dia telah berhasil. Self esteem melalui teman-teman lama biasanya mempunyai dampak yang lebih besar bagi kepercayaan diri seseorang.

3.Silaturahmi
Reuni yang digelar secara besar-besaran atau sederhana dapat menjadi ajang silaturahmi untuk menjaga ikatan sosial agar tetap utuh. Manusia yang merupakan makhluk sosial memerlukan ajang/sarana untuk menjaga keterlibatan dirinya dalam sebuah komunitas sebagai bentuk identitas diri. Reuni juga bisa dimanfaatkan sebagai acara yang ia sebut sebagai silaturahmi bisnis/pekerjaan. Artinya, acara reuni yang tujuannya mengumpulkan 'orang-orang satu korps' tersebut bisa dikemas dengan bentuk lain, yakni membangun komunikasi yang lebih bermanfaat seperti membuka wacana ajang kontan bisnis/kerja sesama alumni.

4.Bersenang-senang
Menurut saya reuni adalah salah satu cara kita untuk bersenang-senang. Kita bisa mengenang masa-masa lucu, saat senang dan sedih ketika masih sekolah bersama dengan teman-teman lama. Ataupun bercanda bergembira ria dengan teman-teman lama tersebut yang tentunya sudah sangat mengenal diri kita sejak dulu. Salah satu teman saya berpendapat 'Reunion is having fun with old friend before go back to real life, real world and real responsible'. Sementara itu Bagus Takwim, psikolog dari Universitas Indonesia menyatakan jika acara reuni digelar dengan penuh keceriaan yang memungkinkan peserta merasakan kembali masa mudanya maka reuni dapat berfungsi sebagai pelepasan stress yang melepaskan energi-energi negatif atau tekanan-tekanan dalam kehidupan. Efek kegembiraan yang tercipta dari reuni tadi juga bisa dijadikan alternatif kegiatan rekreasi yang memberi efek relaksasi.















No comments: