Sunday, November 15, 2009

Percaya Diri


"If you don't have confidence, you'll always find a way not to win" (Carl Lewis)


Apakah kita sudah percaya diri?
Mengapa kita perlu percaya diri?
Bagaimana agar kita percaya diri?

Tiga pertanyaan itu seyogyanya kita ajukan kepada diri kita sendiri. Kenapa demikian, karena percaya diri sangat diperlukan dalam hidup kita. Percaya diri membuat kita berbeda. Percaya diri akan meningkatkan harga diri, motivasi diri, dan yang lebih penting akan melejitkan potensi diri kita.

Perlu diketahui bahwa percaya diri adalah lebih kepada masalah kepribadian. Percaya diri adalah masalah pola pikir yang letaknya ada di dalam pikiran bawah sadar. Jadi diperlukan proses bagaimana mengubah pola yang ada di dalam pikiran bawah sadar.

Dengan demikian yang hal pertama yang harus kita lakukan untuk menjadi pribadi yang percaya diri adalah adanya keinginan untuk berubah dengan melepaskan sumbat-sumbat emosi yang menghalangi proses pembentukan kepercayaan diri. Untuk melakukan ini, diperlukan sebuah proses bertahap. Memang tidak mudah untuk mengubah diri yang sudah kaku atau membeku, namun jika keinginan kita kuat maka berbagai hal yang menghalangi tentu dapat kita singkirkan.

Yang kedua adalah membentuk pola pikir baru yang positif. Jadi kita harus selalu fokus pada hal-hal yang positif. Caranya dengan memasukan berbagai input positif dalam pikiran Anda yang didesain sedemikian rupa sehingga terbentuk sebuah pola pikir baru. Kita harus mendominasi fikiran kita dengan hal-hal yang positif. Memang tidak mudah, karena di jaman informasi saat ini pikiran kita diserbu dengan berbagai berita negatif yang bisa merusak pikiran Anda. Anda harus memiliki cara agar input yang memberdayakan lebih kuat dan bisa mengalahkan informasi yang negatif. Bisa dikatakan kita harus selalu fokus pada hal-hal yang mengarah kepada keberhasilan.

Yang terakhir adalah kita harus selalu menjaga/memelihara pola pikir kita agar selalu percaya diri. Jadi kita harus memelihara/memperkuat tingkat percayaan diri sampai memiliki kekuatan yang memadai sehingga tidak mudah dirusak. Hal ini diperlukan sebab, hal-hal yang merusak percaya diri justru lebih banyak dibandingkan hal yang memberdayakannya. Sehingga jika kita sudah mampu mencapai tahap tertentu dari rasa percaya diri tadi, maka tingkat percaya diri kita akan terus meningkat seperti efek bola salju.

No comments: