Monday, November 16, 2009

Abang Andi dan Buku




Foto ini diambil di Sea World Taman Impian Jaya Ancol tahun 1996. Saat itu umur Abang Andi 6 tahun dan duduk di kls 1 SD Al Azhar Rawamangun Jakarta. Di foto itu Abang Andi terlihat menenteng buku tebal Seri Khazanah Pengetahuan Bagi Anak-Anak yang berjudul 'Kehidupan di dalam Air'. Saat itu Seaworld baru dibuka dan kami sekeluarga berkunjung kesana meski harga tiket masuknya cukup mahal untuk ukuran kantong keluarga muda dengan 3 anak kecil seperti kami. Tapi karena kami tahu kalau di Sea World anak-anak (khususnya Abang Andi karena adik-adiknya masih kecil-kecil) bisa belajar berbagai ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan kehidupan di dalam air, maka banyaknya uang yang harus dikeluarkan bukan menjadi masalah.

Mengapa Abang Andi sampai harus bersusah payah membawa buku yang cukup tebal itu kesana, sebabnya dia ingin melihat bentuk asli/nyata di Sea World dari berbagai makhluk/gambar/isi dari buku yang telah dibacanya berkali-kali itu. Sea World menjadi laboratorium/pembuktian nyata baginya tentang bentuk/perilaku berbagai makhluk air. Setiap dia melihat satu bentuk makhluk yang aneh di akurium raksasa Sea World, langsung dibuka bukunya dan langsung dicari gambar/keterangannya.

Ya, foto ini istimewa karena menjadi bukti betapa Abang Andi suka membaca dan mempelajari ilmu pengetahuan sedari kecil. Minatnya ini ternyata membawa ke arah yang sangat positif, dimana dimulai dengan terpilihnya dia untuk mewakili teman-temannya membacakan pidato perpisahan waktu 'lulus' TK besar karena dinilai yang paling lancar membaca. Dia juga merupakan lulusan terbaik dari TK Qurani tersebut.

Masuk SD Abang Andi sejak kelas 1-5 dia selalu menduduki rangking 5 besar. Sejak kecil tampaknya dia tidak mengalami kesulitan untuk belajar karena minat membacanya tinggi. Sehingga sejak kelas 6 SD sampai kelas 3 SMP di SMP Islam Al-Azhar 12 Rawamangun Abang Andi masuk di kelas unggulan. Lulus UAN SMP dengan nilai rata-rata 9,5 dan nilai matematika 10, maka dia memilih bersekolah di SMAN 8 yang dikenal sebagai sekolah unggulan nasional. Saya sempat khawatir dengan pilihannya tersebut karena takut menjadi beban berat bagi dia. Alhamdulillah pilihannya tidak salah dan dia mampu menjalaninya dengan baik. Meski tidak pernah masuk rangking 1o besar selama di SMAN 8, akan tetapi dengan kemauan yang kuat serta kemampuan belajar yang tinggi akhirnya dia berhasil menembus ITB Bandung. Saat ini Abang Andi kuliah di ITB Jurusan Teknik Informatika semester 3 sesuai dengan apa yang diidamkan dan sedang berjuang untuk bisa lulus pada waktunya. Doa mama selalu mengiringi langkahmu anakku sayang, smoga Allah SWT slalu memberi Ridha-Nya padamu sehingga kau berhasil...amin...ya Rabbal alamin!







No comments: