Sunday, December 13, 2009

Cara Pengajaran Al Quran



Kandungan ayat:

Hal ini menyiratkan arti bahwa Allah SWT membuat berbagai perumpamaan/ibarat/contoh didalam Al-Quran dengan tujuan untuk memudahkan manusia menerima/belajar mengenai petunjuk/pedoman kebenaran hakiki yang ada dalam Al-Quran ini. Jadi ini merupakan salah satu cara pengajaran didalam Al-Quran. Dan ibarat/perumpamaan itu diberikan secara berulang-ulang dengan tujuan agar manusia mudah/mampu mengingat dan menerapkan di dalam kehidupan yang dijalaninya.

Jika kita mengacu pada model belajar yang ada dalam kehidupan kira sehari-hari seperti misalnya kita bersekolah/kuliah, maka kedua hal itu biasa kita lakukan agar kita sukses dalam menempuh studi kita. Ibarat/perumpamaan/contoh mengenai satu topik/judul/bahasan selalu kita buat supaya kita mudah mengingatnya. Dan kesemua itu seharusnya harus sering kita ulang/pelajari agar kita bisa masuk ke dalam memory/fikiran kita. Apabila kita mampu menjalankan dengan baik, maka Insya Allah kita akan mendapatkan hasil belajar yang maksimal/sukses.

Demikian kasihNya kepada kita, maka Allah SWT membuka/membuat berbagai cara/pintu agar manusia mampu menerima/mempelajari petunjuk/wahyu/tuntunan agar selamat dalam menempuh kehidupan di dunia dan di akhirat. Namun ternyata kebanyakan manusia tidak bersyukur/tidak mampu melihat kemurahan hati Allah tersebut sehingga mereka tetap saja menolak/mengingkari kebenaran dalam Al-Quran. Mereka menutup mata hatinya karena enggan (ego) dan tetap bertahan pada keyakinan (yang salah/batil) yang mereka punyai/pegang selama ini.


No comments: