Monday, August 17, 2009

PASKIBRAKA JAKARTA PUSAT 2009 : I'm proud of you Arie...


Berbeda dengan apa yang pernah saya alami sebelumnya, beberapa minggu menjelang hari Kemerdekaan Indonesia ke 64 pada 17 Agustus 2009 ini terasa begitu mengharukan sekaligus membanggakan bagi saya. Mengapa demikian, karena M Arif Rahman (Arie) anak laki-laki saya yang kedua terpilih menjadi anggota PASKIBRAKA Jakarta Pusat 2009 setelah melalui seleksi yang ketat mulai dari tingkat sekolah SMA Negeri 68 Jakarta Pusat sampai dengan tingkat Kotamadya Jakarta Pusat.

Meski sebenarnya Arie juga berkesempatan mengikuti seleksi PASKIBRAKA tingkat provinsi DKI Jakarta sampai tahap akhir, namun karena berat badan kurang (minimal 60 kg sedangkan Arie cuman 52 kg..rada kurus..hehe) ya nggak jadi lolos!. Tapi...prestasi yang diraihnya ini adalah surprise bagi saya sekeluarga. Karena selain nilai rapor dan prestasi di sekolah, fisik yang kuat dan sehat juga disyaratkan dalam seleksi PASKIBRAKA ini. Kebanyakan orang di lingkungan keluarga dan teman-temannya mengenal Arie sebagai sosok yang pendiam, lembut/tenang/calm dan penyayang. Yang tentunya sangat bertolak belakang dengan apa dijalankan di PASKIBRAKA yang mana harus berlatih dengan keras dan disiplin yang dikonotasikan dengan latihan tentara/ABRI.



Alhamdulillah, dengan tekad yang kuat dari diri sendiri untuk berprestasi, akhirnya Arie mampu untuk mengikuti semua proses dari mulai seleksi, latihan awal, training camp di Markas ABRI Cilodong, Depok hingga tahap akhir menjelang pelantikan dan hari-H dengan kondisi kesehatan yang prima. Ya....meski terlihat kurus, ternyata fisiknya cukup kuat dan berdaya tahan tinggi . Saat itu di dalam hati sebenarnya saya merasa kasihan melihat Arie harus mengikuti berbagai latihan yang meletihkan tersebut, apalagi kegiatan belajar di sekolah juga tidak boleh diabaikan. Tapi Arie terlihat sangat tegar dan bersemangat untuk dilantik menjadi anggota PPI (PASKIBRAKA), sehingga saya hanya bisa mendukung kemauannya tersebut dengan memperhatikan makanan dan perlengkapannya.

Akhirnya datanglah hari yang dinanti Arie dan saya sekeluarga. Setelah hari Jum'at, 14 Agustus 2009 kemarin Arie resmi dikukuhkan menjadi anggota PASKIBRAKA 2009 tingkat kotamadya Jakarta Pusat, maka pada hari-H 17 Agustus 2009 pagi tadi Arie bertugas di PASKIBRAKA sebagai..pengibar bendera!!! wow...keren...I'm proud of you, son! Perlu diketahui, bahwa di dalam pola pelatihan Paskibraka dimanapun di seluruh Indonesia, pembagian tugas baru dilaksanakan pada malam atau pagi hari sebelum hari H. Jadi pada intinya seluruh calon anggota PASKIBRAKA diwajibkan berlatih untuk semua formasi yang ada. Dan formasi yang paling penting dan mendebarkan sekaligus juga membanggakan adalah pembawa baki bendera untuk wanita dan pengibar bendera bagi laki-laki. Khusus untuk itu maka yang dipilih adalah yang dianggap paling siap secara mental karena itulah yang paling dibutuhkan.

Ya...sekali lagi saya surprise....tidak percaya sekaligus cemas...hehe..mengapa? Bagaimana tidak...ada rasa ketakutan dan keraguan dalam hati saya sebagai ibunya....apakah Arie mampu untuk melaksanakan tugas berat yang dibebankan kepadanya di depan mata Walikota, pejabat di lingkungan Jakpus serta pengikut upacara yang ramai ini? Apa benar Arie adalah anak yang paling siap secara mental...apa nggak salah? Apakah nanti dia mampu untuk melakukan tugas yang harus sempurna tanpa boleh ada kesalahan sekecil apapun karena ini adalah pengibaran bendera 17 Agustus yang sakral?..Bisa nggak Ari ya? Duh...jujur..saya sampai nggak berani melihat langsung..... dan dalam hati ini terus menerus berbunyi....dag dig dug...lho!


Ternyata para pelatih dan seniornya benar....Arie mampu melaksanakan tugas dengan baik. Saya sangat bersyukur kepada Allah sekaligus juga terharu....ternyata kemampuan mental Arie saat ini jauh berkembang di luar dugaan saya. Latihan PASKIBRAKA yang diikuti selama beberapa bulan ini membuat Arie anak saya menjadi Arie yang tegas, bertanggung jawab, percaya diri dan dewasa.

Terima kasih ya Allah....atas semua berkah dan rahmat yang telah dilimpahkan bagi kami sekeluarga....Amien!



11 comments:

Anonymous said...

Selamat yah.....

depz said...

nice
pastinya bangga banget ya mbak
:)


lam kenal ya

wita rifol said...

Terima kasih..salam kenal balik ya depz

Hilman said...

Salam kenal ya, Wita... :)

Dblogger sebenarnya adalah sebutan bagi blogger yang mempunyai blog di blogdetik. Caranya tinggal bikin blog di blogdetik, kemudian pasang banner dblogger di blog tersebut.

Tapi kita ngga menutup diri kok, artinya dalam hal komunikasi, kita ngga pernah membedakan dia punya blog di mana? Semua bisa berinteraksi satu sama lain, termasuk ikutan kopdar yang diselenggarakan.

Hanya saja, kalau Wita ngga punya blog di blogdetik, Wita ngga bisa ikutan beberapa event yang diselenggarakan oleh blogdetik yang biasanya mengharuskan orang untuk punya blog di blogdetik terlebih dahulu agar bisa ikutan event tersebut.

BTW, bikin blog di blogdetik itu gampang banget kok... :)

bacayuk said...

wah.. bangganya ...
salam kenal..
udah di link balik ya bu :)

Bintang said...

Saya juga bangga dg Arie... :)
Selamat buat prestasinya selama ini. Dibalik seorang anak yg hebat, pasti ada orang tua yg hebat juga...
Salam kenal, siapa tau kita suatu saat ketemu di ITB, kampus anak-anak kita tercinta... :D

yangputri said...

waaah ikut paskibra ya..
selamat yaa....
pastinya kamu bangga deh...

salam

Anonymous said...

waaaaahhhh... gagah nian putranya.... Saya jadi iri, hehehe....

Terima kasih banyak karena sudah maen2 ke blog saya bu... :-)

Moga2 stlah saya baca2 postingan di sini, saya akan bisa lebih memahami perasaan Ibu saya, hehe... :-)

Ryan Permata Putri said...
This comment has been removed by the author.
Ryan Permata Putri said...

tante, ini saya erma paskibraka jp juga angkatan arie, aku baru tau loh blog ini, semuanya arieeee, gud luck tante :)

darkwin said...

Dear Ibu Wita, ibunda arie, ijin copas artikel ibu di website non official kita (http://ppijp.wordpress.com/2011/06/14/paskibraka-jakarta-pusat-im-proud-of-you-arie/

Tks ya bu ,,