Tuesday, August 4, 2009

Belajar 'menulis' blog...kenapa tidak?



Judul ini mengingatkan saya waktu mencoba membuat blog, menulis dan kemudian berhasil posting untuk pertama kali. Wah...rasanya bahagiaaaaaa dan legaaaaa....sekaligus ada perasaan Ge-eR pada diri sendiri karena segala daya dan upaya coba-cobanya berhasil..hehe.

Tapi tidak tahu kenapa...setelah posting pertama saya membutuhkan waktu 3 bulan untuk bisa menulis lagi..dan sekarang kayaknya saya mulai keranjingan menulis nih...(gaya banget euy..!). Bukan hanya menulis...tapi saya juga makin asyik untuk mempercantik tampilan blog saya dengan berbagai gadget/widget/featured karena saya 'iri' (in a positive way..tentunya) setelah melihat berbagai blog milik orang lain yang sepertinya seru dan meriah.

Ternyata benar seperti yang disebut orang, setelah saya mulai rajin 'mengintip' dan menjelajah ke berbagai blog yang ada, maka kesenangan saya untuk menulis semakin tinggi. Apalagi setelah saya menemukan blog yang berisi tips & trik nge-blog seperti dunia blogger dan belajar dengan menulis, maka ilmu ber-blogger ria saya meningkat dengan pesat. Jadi tidak hanya sekedar menulis saja, tapi saya bisa belajar berbagai hal yang berkaitan dengan blog seperti HTML dan Javascript yang sebelumnya seperti 'makhluk asing' bagi saya yang sebelumnya tergolong 'gaptek'..alias gagap teknologi..hehe...

Jadi..kalau sebelumnya tampilan blog saya sangat sederhana karena saya memilih template MINIMA (white) yang ada di http://www.blogspot.com, maka menjadi berbeda setelah saya tambah dengan tampilan jam ataupun kalender islam yang artistik. Selain itu saya juga bisa melihat sudah berapa orang yang mengunjungi blog saya dengan membuat visitor (pengunjung). Khusus untuk blog seperti http://www.blogspot.com ada banyak gadget/widget/featured yang telah tersedia, tapi setelah saya coba semua, tetap saja terasa terbatas bagi saya dan kurang seru..hehe.

Ada tambahan tips yang perlu, yaitu untuk memudahkan kita mempelajari perihal blog, maka seyogyanya kita menambahkan gadget Link (ada di menu layout-add gadget.-blogspot) untuk menempatkan link-link yang berisi tips dan trik nge-blog.

Kesimpulan..blog itu tidak hanya sekedar menulis menurut saya, tetapi juga ajang untuk belajar dan berkreasi. Selain itu bisa menjadi tempat untuk berbagi ilmu dan kehidupan, sehingga bisa bermanfaat diri kita sendiri dan orang lain...semoga..Amien!


No comments: