Friday, August 7, 2009

Belajar 'menulis' blog...kenapa tidak? part 2


Setelah beberapa hari yang lalu saya menulis di blog ini Belajar "menulis" blog kenapa tidak?, ternyata anak saya bungsu Icha juga sedang asyik membuat blognya sendiri juga. Saya tahunya setelah dia bertanya kepada saya tentang bagaimana dan apa yang bisa ditulis di blog. Hal ini tentunya menjadi pertanyaan banyak orang ketika sudah mempunyai account blog sendiri.

Tentang bagaimana dan apa saja jawab pastinya adalah bagaimana yang kamu suka dan apa saja yang ingin kamu tuliskan, artinya menurut saya sebagai ajang kreatifitas blog boleh di isi apa saja asalkan tidak melanggar etika, pornografi dan SARA. Dan untuk posting awal sebaiknya mengalir saja sesuai dengan hati nurani dan kesenangan diri pribadi dulu tanpa harus memakai tata bahasa yang baku dan mengikat. Bisa berupa foto, puisi, curhat, cerita, diary dan apa saja yang mungkin terlintas dan ingin ditulis pada saat itu. Dengan tidak membatasi jenis or tema tulisan membuat seseorang bergairah untuk menulis sebanyak mungkin. Dengan melakukan 'learning by doing' nantinya akan sangat membantu dalam meningkatkan produktifitas menulis. Dari pengalaman saya sejak pertama menulis blog ini, cara belajar yang paling efektif adalah dengan terus mencoba menulis apa saja yang saat itu disenangi sesuai dengan 'hati nurani' tanpa harus membatasi pada tema atau bentuk tertentu. Dengan saran saya itu akhirnya hari itu juga Icha berhasil memposting tulisan perdananya...and wow...I'm proud of you my girl...!

Selain itu ada beberapa hal lagi yang dia tanyakan yang juga sama seperti newbie blog yang lain, yaitu cara untuk mempercantik tampilan blognya sehingga menarik. Sama seperti saya pada waktu pertama, saya mencoba untuk mencarinya di layout menu yang disediakan di blogger.com sendiri. Tapi kalau mau lebih banyak lagi perlu juga melihat di beberapa blog lain yang sudah membuat tips dan trik untuk itu. Kemarin saya menemukan Blog dari kang Rahman yang merupakan kolom tutorial atau petunjuk lengkap untuk ngeblog selain dari belajar dengan menulis dan dunia blogger. Setelah saya lihat, ternyata di kolom toturial berisi petunjuk sangat lengkap dan jelas mengenai berbagai hal untuk ngeblog khususnya bagi yang memakai blogspot.com. Nah, bagi yang ingin mencoba seperti anak saya Icha, silakan langsung mencoba dan mempraktekkan...God Luck!

No comments: