Thursday, July 30, 2009

Syarat Masuk Surga?... Lulus Ujian!





Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: Bilakah datangnya pertolongan Allah. Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat. (QS. Al Baqarah : 214)

hikmah
Sebagai ummat Islam yang mengaku beriman kepada Allah SWT dan Rasul Muhammad SAW, janganlah pernah menyangka bahwa kita akan otomatis dimasukkan ke dalam surga tanpa pernah mengalami berbagai ujian/cobaan/kesulitan/gangguan di dunia ini spt kekurangan harta benda dan kemelaratan, kecelakaan, ditimpa penyakit ataupun bencana alam. Bahwasanya percobaan hidup yang berbagai warna tersebut tidak lain merupakan latihan dan penggemblengan jiwa laksana emas yang ditempa untuk dibersihkan dari logam lain sehingga menjadi emas 24 karat. Cobaan tersebut membuat orang menjadi Shafy (bersih) sebagaimana yang telah dijalani oleh Nabi-Nabi, Rasul-Rasul Allah dan orang-orang yang berjuang mengikuti jejak mereka dalam menegakkan kebenaran sejak dari zaman Nabi Adam, Nuh, Ibrahim, Musa, Isa sampai Nabi kita Muhammad SAW.

Dengan memahami pengertian itu maka kita menjadi seseorang yang tidak mengenal takut terhadap siapapun dan keadaan yang bagaimanapun di dunia ini. Kita menjadi pribadi yang kuat/tangguh yang selalu siap berjuang menghadapi segala kesusahan, kegoncangan dan penderitaan yang mungkin ada dalam menggapai cita-cita Illahi. Mengapa demikian karena kita menyadari bahwa itu semua hanyalah ujian bagi kita dan kita meyakini pula pada saatnya pertolongan Allah itu akan datang. Semangat juang itu semakin membara karena kita meyakini apabila kita bisa menjalankan/lulus dari semua ujian tersebut maka ganjaran dari Allah tidak lain adalah Surga yang merupakan tempat tujuan akhir yang sempurna bagi kehidupan manusia di dunia ini.




No comments: