Sunday, May 2, 2010

Masihkah Anda Berlangganan Koran Hari ini?



Tak terasa hampir setahun ini saya sekeluarga tidak lagi berlangganan koran/majalah. Bermula dari kejengkelan kami terhadap pelayanan pengantaran koran/majalah yang sering terlambat atau bahkan tidak datang sama sekali. Meski sudah komplain ribuan kali tetap tidak berubah, daripada berganti agen yang belum tentu lebih baik maka kami memutuskan untuk tidak lagi berlangganan tapi hanya membeli jika ingin/diperlukan. Sebagai gantinya kami sekeluarga membaca berita di internet.


Setelah beberapa minggu berlalu, ternyata membaca berita di internet terasa lebih menyenangkan karena updatenya bisa beberapa kali dalam sehari. Dan yang kita bisa baca banyak sekali tidak hanya terbatas pada bebeberapa belas halaman seperti halnya 'koran tradisional'. Dan kita bisa mencari berita yang terkait/sebelumnya dengan cepat tanpa harus repot membalik halaman. Karena itulah akhirnya kami tidak lagi berminat untuk berlangganan koran/majalah karena bisa mendapatkan berbagai berita serba gratis melalui internet. Apalagi saat ini banyak koran/majalah/media cetak yang sudah mempunyai bentuk online.

Ternyata di Amerika Serikat saat ini hal yang dilakukan oleh keluarga kami banyak terjadi. Berita dari Kantor Berita AP menyebutkan bahwa sirkulasi surat kabar di Amerika Serikat selama periode April-Sept 09 mengalami penurunan sebanyak 10.6% (Michael Liedtke, AP Business Writer 26 Oktober 2009). Sementara itu sebaliknya terjadi kenaikan 10% pengunjung (online) di situs surat kabar pada 4 bulan pertama tahun ini, mengacu pada data Nielsen Online Analysis. Sedangkan Market Watch Wall Street Journal 15 Desember 2009 menyebutkan bahwa terjadi kenaikan jumlah pengunjung situs suratkabar online pada saat 3 bulan ini dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Beberapa penyebabnya antara lain, mulai berkurangnya jumlah pelanggan di tengah resesi ekonomi. Selain itu, para pembaca kini cenderung lebih suka mengakses informasi melalui internet. Apalagi, sejumlah surat kabar memiliki edisi internet yang bisa diakses secara gratis.

Kalau sudah begitu...masihkan anda berlangganan koran hari ini???



No comments: