Monday, January 4, 2010

My Youngest Daughter's 2010 Resolution



Semenjak pulang sekolah hari pertama semester genap 2009-2010, anak perempuan bungsu saya Icha tampak sibuk mengerjakan sesuatu di kamarnya. Saya tidak tahu persis apa yang dibuatnya, tapi menjelang maghrib tiba, dia meminta saya memasuki kamarnya dan melihat ke satu dinding kamarnya yang telah ditempel dengan sesuatu yang anda lihat pada foto di atas.


"Mom" katanya, "ini adalah beberapa hal yang akan Icha lakukan di tahun 2010 ini. Icha telah memilahnya menjadi satu kelompok Penting dan Tidak Penting Serta Segera dan Tidak Segera. Jadi mama tinggal menegur Icha kalau lupa dengan apa-apa yang ditulis di karton ini". Wow...saya takjub juga melihatnya. Saya kagum dengan idenya untuk membuat list ini.

Meski baru duduk di kelas VII SMP Labsraw, ternyata dia sudah mempunyai perencanaan dan tekad didalam dirinya sendiri untuk merubah diri (resolusi). Dia telah mampu menuangkan pikirannya ke dalam satu list yang cukup jelas dan terarah. Anda bisa menilainya dari apa yang dituliskannya disitu. Ya, semoga berhasil gadis kecilku, doaku selalu mengiringi langkahmu, agar engkau berhasil mencapai apa-apa yang di cita-citakan, Amin!

1 comment:

Chalidi said...

Hebat Wit, process ini namanya Four Harvard Blockers dan dalam Business Development forum diperusahaan-perusahaan besar selalu memakai pendekatan ini. Kalau resolusi dalam gambar ini baru satu screening blocker. Kalau diteruskan dengan four harvard blockers berikutnya maka akan lebih tajam. Resolusi yang sudah dibuat "Time versus Important". Coba dikasi nilai 1 s/d 4. Diteruskan dengan memindahkan isinya ke resolusi berikutnya misal "Pelaksanaan versus Biaya". ditambah satu lagi dengan ide2 lain sehingga dia bisa menjadi seorang Bussiness Developper yang handal. Insya Allah