Sunday, January 10, 2010

'Hangout' with family at Gramedia Matraman



Setelah kemaren sabtu my little girl Icha seharian dirumah karena saya mengikuti acara reuni dengan teman-teman smadabaya 84 di fx Sudirman Jakarta, hari ini icha merengek minta hangout sekeluarga ke mall yang sama. My hubby terlihat keberatan karena kita keluar rumah jam 3 sore, dimana biasanya sejak dari dulu ada komitmen kalau hari minggu (diluar libur sekolah/cuti kerja) sebelum magrib kita sudah harus berada dirumah . Maksudnya untuk istirahat supaya besok senin bisa bersekolah atau bekerja dengan kondisi badan yang fit. Akhirnya Icha mengusulkan ke toko buku Gramedia Matraman saja. My hubby setuju dengan mengarahkan mobil ke arah matraman.

Sesampainya disana, kita cukup sulit untuk mendapatkan parkir mobil karena tampak penuh dan ramai pengunjung. Sejak dijalan sudah berjajar rapi parkir mobil pengunjung toko buku Gramedia. Meski memakan waktu, akhirnya kami mendapatkan tempat parkir didalam gedung parkir yang cukup strategis. Setelah kami memasuki gedung, ternyata keadaanya jauh lebih ramai dari yang saya duga. Kemungkinan pengunjung tidak hanya memakai mobil atau motor saja, tetapi banyak juga yang memakai kendaraan umum karena letak toko buku Gramedia matraman di jalan utama yang mudah dicapai dengan berbagai kendaraan umum termasuk busway. Tapi saya tidak hendak membahas mengenai gedungnya, akan tetapi mengenai minat baca masyarakat dari tahu ke tahun berdasar pengamatan saya di toko buku Gramedia matraman.

Sebagai informasi saya sendiri sudah rutin mengunjungi tempat ini sejak berdiri Oktober 1986. Waktu itu saya masih mahasiswa, karena bertempat tinggal di jalan Cikini Raya Jakarta yang dekat matraman, maka saya sering mengunjungi toko buku ini. Kebetulan sedari kecil saya mempunyai hobby membaca (apa saja), sehingga berbagai buku yang saya beli di tempat ini seperti buku kuliah, fiksi, buku novel, buku memasak/menjahit/ketrampilan. Pada waktu akan menikah saya juga banyak membeli buku nasehat perkawinan, agama dan lain-lain. Setelah menikah dan akhirnya hamil, maka saya banyak membeli buku-buku mengenai kehamilan, persalinan dan merawat anak/bayi. Dan sejak kelahiran anak pertama, saya juga sering mengajak kesana untuk membiasakan dengan buku. Jadi saya membeli buku bacaan untuk bayi/balita, demikian seterusnya dengan kelahiran kedua adiknya. Ya, tanpa saya sadari ternyata setiap tahap kehidupan saya memang tidak terlepas dari membaca buku karena entah kenapa saya merasa selalu kurang kalau tidak mempunyai referensi bacaan terhadap berbagai hal yang saya alami/jalani dalam kehidupan ini. Dan mayoritas buku-buku yang saya, my hubby dan anak-anak dibeli di toko buku Gramedia matraman ini.

Jadi setelah mengamati padatnya pengunjung yang terdiri dari keluarga keluarga pada sore hari itu, saya merasa surprise dan takjub juga. Mengapa tidak, Toko Buku Gramedia saat ini sangat luas karena telah mengalami renovasi menyeluruh sehingga total luas gedung sebesar 7031,5 m2. Memiliki 5 lantai dengan 4 lantai sebagai area jual dengan luas area jual sebesar 6.814 m2 bisa begitu penuh pengunjung. Jadi saat ini kalau weekend, pengunjung bisa sama sesaknya dengan mall atau shopping centre. Dari pengamatan saya selama ini, sejak mula dibuka dengan kondisi gedung dua lantai, toko buku ini sudah ramai dikunjungi orang. Sejalan dengan adanya perluasan dan berbagai tahap renovasi, pengunjung yang datang semakin ramai dan ramai.

Kalau kita sering prihatin dengan minat baca orang Indonesia, maka hal itu tidak akan berlaku jika kita berkunjung ke toko buku ini. Tua-muda, laki-laki-perempuan, pelajar-orang kantoran semuanya tampak sibuk memilih buku. Bahkan di pojok -pojok atau pinggiran dekat kaca banyak orang duduk di lantai sambil asyik membaca sebelum membeli buku yang diinginkan, termasuk saya sekeluarga. Maklum memang bangku hanya disediakan minim sekali, sehingga saya sekeluarga jika mau memilih buku dari sekian banyak yang menarik, harus rela duduk bersimpuh di lantai . Keinginannya sih semua buku yang ada dibeli tapi itu kan tidak mungkin ya...(hehe). Tapi karena bukunya lengkap dan tempatnya luas serta nyaman, hal itu tidak menjadi masalah karena banyak sekali orang yang berbuat sama.

Saya teringat setelah peresmian oleh Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhyono akhir Desember 2007, dimana toko buku Gramedia matraman mengadakan diskon besar-besaran 30% untuk semua buku. Wah, pengunjung sampai membludak dan membuat jalan macet saking banyaknya mobil pengunjung yng parkir di jalan. Akibatnya mayoritas buku-buku habis terjual sebelum masa diskon 4 hari itu selesai. Wah, saya sekeluarga sempat menyesal sekali waktu itu. Karena kondisi keuangan kurang baik, maka kami baru bisa mampir pada hari ketiga. Apa daya, semua buku-buku yang diinginkan telah lenyap (karena buku favorit). Namun dalam beberapa tahun ini, toko buku Gramedia matraman selalu mengadakan diskon tahunan, meski hanya sebesar 20%. Tapi itu sudah menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk segera bergegas ke toko buku ini.

Saya akui saya sekeluarga seringkali memborong buku disini sehingga menurut my hubby kadangkala agak berlebihan. Akan tetapi saya pribadi berprinsip bahwa lebih baik royal membeli buku daripada barang yang lain, karena sebanyak apapun buku tetap menjadi sumber ilmu yang tidak habis-habisnya. Dan akan menjadi bekal abadi untuk kehidupan keluarga saya dan anak-anak didunia dan akhirat. Nah, hari inipun kejadian berulang, meski dari rumah kelihatannya hanya Icha yang akan membeli buku (itupun hanya satu) ternyata...dia membeli 2 buah, kakaknya Ari 3 buah dan saya...3 buah juga. Ingin tahu berapa rupiah uang yang harus saya keluarkan? Karena tidak tega, saya tidak menunjukkan ke my hubby....karena jumlahnya mencapai seperempat juta rupiah...wow! Tapi sekali lagi...saya tidak mau dan takkan pernah menyesali itu friends...coz book is my life, ok?



1 comment:

suyadi suryo soetardjo said...

kalau mau berkunjung ke gramedia matraman lagi, ada baiknya contact kami dulu. kita bisa siapkan space parkirNya,mengingat sangat padatnya kendaraan yang parkir. hehehe...