Monday, September 7, 2009

Jangan Pernah Menyerah






Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (QS. Al-Baqarah :155)



Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir. (QS. Yusuf :87)

Sejak dilahirkan ke dunia manusia dihadapkan pada berbagai cobaan. Sepanjang hidup manusia dan selama nyawa masih di badan pasti akan selalu berjumpa dengan hal itu. Jika demikian, bagaimana cara agar kita bisa sukses melewatinya? Kuncinya....Jangan Pernah Menyerah!. seperti syair yang didendangkan oleh D'Masiv dalam lagunya ''Jangan Menyerah". Dari berbagai sumber yang ada, saya menyimpulkan ada 4 hal yang wajib kita yakini sebagai dasar/alasan kita untuk tidak/jangan pernah menyerah dalam menghadapi segala cobaan yang ada dalam kehidupan kita di dunia yang fana ini.


1.Karena Allah akan mengganti dengan yang lebih baik
Allah tidak akan mengambil sesuatu pun dari manusia kecuali Dia akan menggantinya dengan yang lebih baik. Itu akan terjadi apabila anda mau bersabar dan ridha dengan keputusan-Nya. Janganlah merasa sedih atas suatu musibah, karena setiap musibah yang ditakdirkan Allah merupakan sebuah ujian yang telah disiapkan imbalannya berupa pahala dan ganjaran yang besar yaitu surga. Biasakan diri anda untuk melihat sisi positif yang ada di balik setiap musibah. Janganlah kita hanya bisa melihat apa yang tampak di mata. Cobalah untuk melihat sesuatu dibaliknya seperti yang dikatakan oleh Lao Tze (filsuf Tiongkok) "Failure is the foundation of success; success is the lurking place of failure". Artinya disini apapun yang hilang adalah /landasan untuk mendatangkan keuntungan. Sesungguhnya dalam setiap musibah yang terdapat isyarat bahwa orang itu akan mendapatkan sesuatu dari pencipta-Nya.

2.Karena keadaan kita 'lebih baik' dari orang lain
Kita harus selalu berfikir bahwa kita bukanlah satu-satunya orang yang terkena bencana. Bahkan jika dibandingkan dengan yang lain, musibah yang kita alami tidaklah seberapa. Jika kita lihat disekeliling kita nyatalah bahwa hidup kita adalah lebih baik dan lebih beruntung dibandingkan kebanyakan orang lain. Lihatlah berapa banyak orang sakit yang terbaring di atas tempat tidur selama bertahun-tahun dan hanya bisa mengerang. Lihatlah berapa banyak orang yang terpenjara bertahun-tahun. Mereka tidak dapat melihat matahari dan tidak tahu apa yang terjadi diluar selnya. Berapa banyak pemuda yang kehilangan masa mudanya, kehilangan kegesitan masa mudanya entah penyakit ataupun kecelakaan. Dengan demikian kita harus mampu menghadapi keadaan apapun tanpa kehilangan semangat untuk berjuang. Hall ini sesuai dengan kata bijak dari Winston Churchill "Succes consists of going from failure to failure without loss of enthusiasm".

3.Karena hidup ini terus berputar
Segala sesuatu pasti berputar seperti roda, ada saat di bawah dan ada saat di atas. Allah juga menciptakan segala sesuatu berpasangan. Ada laki-laki ada perempuan dan ada siang ada malam. Begitu pula dibalik adanya kesusahan pasti akan ada kemudahan, yang mana semuanya berputar saling bergantian. Dari kesemuanya itu kita dapat mengambil pelajaran bahwa segala penderitaan pasti akan berakhir dan segala kegelapan pasti akan lenyap. Namun semua itu harus dilakukan secara aktif. Anda tidak akan mampu menghilangkan rasa lapar apabila anda tidak berusaha untuk makan, serta tidak akan mampu menghilangkan rasa haus apabila tidak berusaha untuk minum. Michael Jordan selebrity basket berkata pada dirinya " I can accept failure, everyone fails at something. But I can't accept not trying". Artinya disini kita harus terus mencoba, terus berjuang, berusaha dan jangan pernah berputus asa untuk mencapai perubahan tersebut.

4.Karena kesabaran itu indah
Menghiasi dengan sikap sabar merupakan sikap orang-orang mulia. Mereka menghadapi kesulitan dengan lapang dada, tidak menyerah dan penuh percaya diri. Mereka meyakini bahwa kesabaran merupakan perilaku utama dalam menghadapi persoalan hidup. Dengan bersabar, kita selalu merasa optimis akan datangnya pertolongan Allah. Tetap bersabar meskipun berbagai persoalan membayangi kehidupan dan menghalangi jalan yang kita tempuh. Sesungguhnya pertolongan akan datang apabila kita sabar, sebagaimana hadirnya kemudahan setelah adanya kesulitan. Jadi kita harus meniru sikap kaum mulia yang selalu sabar untuk berusaha. Hal ini sesuai pula dengan quote dari David M Burns " I don't want to be one of those say 'I wish I had. I want to be one of those who say'I'm glad I did". So, jadilah seorang manusia yang selalu terus berusaha, jangan pernah menyerah, terus mencoba dengan sungguh-sungguh agar tak ada penyesalan di kemudian hari.

No comments: